Makanan yang Mengandung Lemak Justru Membantu Diet Anda

burger indomie, Apakah Makanan yang Mengandung Lemak Justru Membantu Diet Anda? Dari jaman dahulu saat dunia ini sudah mengenal yang namanya kegemukan, semua orang selalu mengatakan kepada kita hal yang sama, yaitu bahwa kita makan makanan berlemak, maka tubuh kita akan menjadi gemuk. Dan kalau mau kurus, solusinya adalah jangan makan lemak seperti indomi*, pizza, gorengan, burger, dan makanan lemak lainnya. Apakah kenyataannya seperti itu ya? Tubuh kita, memproses lemak yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Bedanya adalah dengan mengkonsumsi lemak jelek maka kita mematikan tombol pembakar lemak tubuh yang menyebabkan kita lebih susah lagi untuk membakar lemak. Sedangkan mengkonsumsi lemak bagus akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu kita untuk membakar lemak.

Makanan yang Mengandung Lemak Justru Membantu Diet Anda

Jadi pada dasarnya, makanlah lemak baik dan tingkatkan pembakaran lemak tubuh atau makanlah lemak yang salah dan tingkatkan berat badan serta memperlambat metabolisme tubuh Anda. Sebenarnya ada 3 jenis lemak, yaitu lemak baik, lemak jelek dan lemak yang sangat jelek. Lemak baik meningkatkan metabolisme, lemak jelek memperlambat metabolisme. Lemak sangat jelek merupakan spesies yang sangat berbeda. Lemak ini dibuat oleh manusia dan tidak bisa dicernah oleh tubuh kita (serem ya sahabat portaldiet). Nah dibawah ini saya mau menjelaskan tiga jenis lemak yang ada:

1. Lemak baik

Omega 3 adalah lemak baik nomor satu. Masalahnya adalah pada pola makan modern saat ini, 99% dari kita semua kekurangan omega 3. Kita tidak cukup memakan ikan seperti jaman nenek moyang kita dulu. Kita bisa mendapatkan omega 3 di ikan salmon (flaxseed oil) dan juga beberapa tipe kacang-kacangan juga mengandung omega 3.

Monosaturated fats yang mayoritas berasal dari olive oil. Monosaturated fat diet bisa menurunkan resiko penyakit seperti jantung, diabetes dan kanker. Penggunaan olive oil juga menunjukkan penurunan radang, peningkatan sistem kekebalan tubuh, menurunkan gula darah, kolestrol dan mengurangi pengentalan darah. Sumber-sumber monosaturated fat adalah extra virgin olive oil, hazelnuts, almonds, brazil nuts, advocado, dan sebagainya.

2. Lemak Jahat

Polyunsaturated Vegetable Oil yang dimurnikan termasuk yang tersedia luas di supermarket seperti corn vegetable oil, soy dan lain-lain. Lemak jahat kebanyakan juga harus diminimalkan.

3. Lemak Sangat Jelek

Dalam kategori ini adalah trans fat. Trans fat banyak ditemukan di beberapa jenis mentega, permen, kue, snack, makanan cepat saji, mayoneise, dan makanan enak lainnya. Jenis lemak ini menghambat metabolisme tubuh, menambah berat badan dan meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung dan kanker. Masalahnya adalah kita mengkonsumsi jenis lemak ini cukup banyak dalam pola makan kita sehari-hari.

Setelah mengetahui jenis-jenis lemak, perhatikan pola makan Anda untuk tetap mengkonsumsi lemak baik dalam jumlah yang cukup. Diet tanpa lemak tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi pola makan yang banyak mengandung lemak jelek juga sangat berbahaya. Terima kasih telah membaca, dan semoga artikel “Makanan yang Mengandung Lemak Justru Membantu Diet Anda” ini membantu kalian ya sahabat portaldiet :). Dan jangan lupa simak cara diet sehat lainnya ya.

Baca juga: Kisah Sukses diet saya menurunkan berat badan dari 130 kg menjadi 70kg.

Artikel ini Menarik? Yuk Share :D

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *