Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 70 KG (Pengalaman Saya)

Cara Sukses Diet, DietHalo Perkenalkan nama saya Aditya Rahman, Saya adalah lulusan dari Universitas Bina Nusantara pada Desember 2015. Saya mengambil Jurusan Double Degree yaitu Sistem Informasi dan Manajemen. Saat ini saya berumur 23 Tahun. Oke perkenalan nya sudah cukup, sekarang kita balik ke topik awal. Kalian pasti penasaran bagaimana Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 70 KG.

Jawabannya hanya tiga yaitu diet, olahraga, dan tidur yang cukup. Pasti banyak dari kalian yang tidak memikirkan ketiga aspek penting ini. Pada awal semester 5 saat kuliah, saya berkomitmen untuk hidup sehat dan ingin menurunkan berat badan saya tetapi saya hanya melakukan olahraga tanpa dibarengi oleh diet yang benar dan tidur cukup. Akibatnya saya hanya berhasil menurunkan 2 Kg selama 2 bulan. Kok sedikit sekali? Ya, bila tidak dibarengi dengan tiga aspek penting tersebut tidak akan bisa.

Setelah masa percobaan 2 bulan yang melelahkan, saya mulai berfikir untuk memakai pil diet. Saat itu saya membeli sebotol pil diet tanpa memikirkan resiko untuk tubuh saya. Ya, pada 2 minggu pertama saya berhasil menurunkan berat badan saya seberat 3 kg, tetapi saya menjadi lemas, tidak bertenaga, dan tidak berstamina (hahaha). Alhasil, saya sakit di minggu ketiga saya diet memakai pil itu. Akhirnya saya putuskan untuk tidak memakai pil apapun.

Dari sini saya mulai depresi dan memutuskan untuk menyerah. Saya berfikir kenapa saya terlahir ke dunia ini dengan tubuh sangat tambun mencapai 130 kg (kayak total berat badan 2 orang ini mah hahaha), dan kenapa saya tidak bisa seperti Ryan Reynolds yang badannya super keren (hahaha lebay). Tetapi saya berfikir, untuk mendapatkan badan yang bagus seperti itu pasti dibutuhkan kerja keras dan latihan sampai bertahun-tahun.

Setelah saya kembali ke jalan yang benar, saya mulai banyak membaca buku kesehatan dan beragam artikel di dunia maya mulai dari lokal sampai mancanegara (walau bahasa inggris pas-pas an hahaha). Dan saya putuskan untuk menjalankan tiga program yaitu diet, olahraga dan tidur yang cukup. Tiga program ini adalah cara sukses diet menurunkan berat badan yang saya lakukan.

Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara sukses diet sehat dan alami? Kita mulai dari cara diet saya. Saya menerapkan yang namanya diet anti lapar, kalian pasti bertanya-tanya kok bisa diet terus ga kelaparan gitu? bisa kok, namanya juga diet anti lapar. Ya, saya makan 4 – 5 x sehari (buseeeettt, banyak banget ga makin gendut tuh??). Tidak akan bertambah gendut, kalo porsi dan jenis makanannya benar. Kalo makan 4 – 5 x sehari terus makannya ayam KF* atau indom** benar akan semakin gendut. Diet anti lapar adalah cara sukses diet menurunkan berat badan saya. Terus dalam melakukan diet anti lapar kita harus makan apa dong? nih saya kasih tau deh makanan yang saya makan pas diet waktu itu.

Pagi hari: Oatmeal rasa buah, sekarang banyak dijual di supermarket harganya cuma 1 – 2 ribu / sachet , cukup diseduh dengan air panas / air biasa dan ditambah dengan gula tropicana sli* atau sedikit susu kental manis (jangan banyak-banyak, oatmeal nya biar manis aja). Biasanya saya sih makan 2 sachet biar kenyang. Atau pagi bisa diganti buah pisang (cukup 1 ukuran besar atau 2 ukuran kecil) atau buah lainnya juga bisa kayak apel atau pear (cukup 1 buah langsung di makan sama kulitnya), karena di kulitnya banyak mengandung asam ursolat, yaitu zat yang membantu kita menurunkan berat badan. Bila tidak mendapatkan makanan tersebut, bisa mengkonsumsi telur dadar digoreng dengan minyak zaitun.

Kalo antara sarapan dengan siang hari kerasa lapar, perbanyak aja air putih buat menambah konsentrasi atau bisa minum teh dengan gula rendah kalori (lebih bagus lagi teh hijau). Teh hijau sangat baik dan merupakan cara sukses diet menurunkan berat badan saya. Jadi selalu konsumsi teh hijau setiap hari.

Siang hari : untuk siang hari ini makan bebas (kalau bisa sih no gorengan, no gula, no nasi), biasanya saya pergi ke warung makan dan saya memesan sayur seperti brokoli. Manfaat Brokoli ini sangat bagus untuk diet, karena sangat rendah kalori dan juga ada senyawa antikanker. Tidak hanya brokoli, tetapi berbagai sayuran hijau lainnya seperti kangkung, bayam, dan sawi. Karena sayuran hijau bagus sekali untuk kesehatan karena terlalu banyaknya nutrisi seperti Vitamin K, vitamin C, dan magnesium, lalu mencegah kanker prostat untuk pria (So guys, perbanyakan makan sayuran hijau mulai sekarang). Tidak hanya sayuran hijau, sayuran lain seperti tauge serta kol juga sangat bagus. Kombinasikan sayuran ini dengan protein seperti telur (usahakan makan putihnya saja), tahu, tempe, serta ayam atau ikan. Kalau tidak ada yang menjual dengan cara dipanggang, direbus maupun dikukus, digoreng pun tidak apa-apa asal tidak berlebihan. Kalaupun ingin makan nasi, usahakan makan nasi merah cukup 1/2 porsi.

Sore hari : sore hari ini asiknya ngemil-ngemil manja (hahahaha), kok diet boleh ngemil? boleh kok selama ngemil nya sehat. Biasanya kalo sore begini ngemilin buah yang seger-seger kayak semangka atau melon asik banget. Dan juga biasanya ngemil aja jajanan rendah kalori di supermarket (cukup 1 bungkus), dan paling baik lagi untuk diet adalah yogurt rendah lemak (favorit saya), selain rasanya yang asem-asem manis, yogurt juga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan kulit (buat wanita sering-sering ngemil dengan minum yogurt deh, jangan malah ngemilin nya bakwan atau tahu goreng, atau malah jajanan kayak makaroni pedes hahaha). Kalo yang agak mahalan bisa ngemil kacang almond di taburi di atas es krim yogurt!! nikmat mana lagi yang kau dustakan hahaha.

Malam hari : nah, yang habis pulang sekolah, kuliah / kerja bisa olahraga dulu nih, abis olahraga harus makan! jangan nggak, tetapi makanannya pun harus dipilih yang sehat. Untuk malam hari bisa makan protein aja, kenapa harus protein? karena protein ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh seperti otot, kulit, kuku maupun rambut. Protein ini sangat dibutuhkan tubuh sesudah kita berolahraga, untuk pria bisa bikin badan keren kotak-kotak karena memperbaiki otot yang rusak ketika berolahraga serta otot menjadi lebih baik lagi, dan untuk wanita bagus untuk kekebalan tubuh sehingga menjadi jarang sakit, serta kulit, dan rambut kinclong. Makanan yang banyak mengandung protein yaitu telur, ayam, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Dan ingat kalau malam jangan sekali-kali makan makanan yang mengandung minyak atau digoreng, cukup dipanggang, bakar, rebus ataupun kukus saja.

Sekarang kita bahas bagaimana cara olahraga yang benar ketika ingin menurunkan berat badan. Tanpa adanya olahraga, diet kita menjadi tidak sehat dan mudah sakit, serta kemungkinan kita mendapatkan tubuh ideal semakin tertutup rapat (hahaha). Olahraga yang saya lakukan yaitu Angkat beban di awal, dan kardio di akhir, untuk wanita jangan takut untuk angkat beban sebelum kardio. Karena dengan kita angkat beban, karbohidrat dan gula darah akan terbakar terlebih dahulu. Kok lemak tidak dibakar? tenang lemak akan dibakar habis saat kita melakukan kardio, jadi kardio kita menjadi lebih fokus membakar lemak karena gula darah dan karbohidrat sudah habis dibakar saat melakukan angkat beban. Jadi cara sukses diet menurunkan berat badan dengan cara lakukan angkat beban.

Apa itu kardio? kardio itu banyak macamnya, yaitu lari, bersepeda, ataupun berenang. Kalau saya lebih senang melakukan olahraga lari, kenapa? Karena lari adalah olahraga yang murah meriah, bisa dilakukan kapan saja, dan membakar lebih banyak kalori. Untuk olahraga saya lakukan 4 – 5 x dalam seminggu dengan intensitas waktu 1 – 2 jam sehari. Cara sukses diet menurunkan berat badan yang saya lakukan dengan memakai metode HIIT Cardio, apa itu? HIIT Cardio adalah teknik lari yang saya lakukan dalam waktu 30 menit – 1 Jam yaitu dengan cara memakai perbandingan yaitu lari selama 1 menit lalu diikuti dengan jalan cepat selama 2 menit, lalu kembali lari 1 menit, kemudian jalan cepat lagi selama 2 menit, begitu seterusnya sampai 30 menit – 1 jam (kalau saya 1 jam). Untuk penjelasan lebih jauh bisa dilihat di artikel mengenai  Metode HIIT Training.

Olahraga yang saya lakukan bisa di pagi hari atau malam hari. Kalau pagi hari cukup lari pagi di taman, atau lari di atas threadmill dalam keadaan perut kosong. kenapa perut kosong? karena saat perut kosong dosa-dosa yang kita lakukan di hari itu belum banyak (hahahaha bercanda). Jadi dengan perut kosong, tubuh akan menjadikan lemak sebagai bahan bakar kita saat lari, karena gula darah masih rendah dan karbohidrat belum masuk kedalam tubuh. Jadi otak mengirimkan sinyal ke tubuh, bahwa lemak lah bahan bakar mu!! (enak kan? hahaha). Kalau malam hari bisa sesudah beraktifitas dengan cara angkat beban selama 30 menit, dan dilanjutkan dengan kardio selama 1 jam. Untuk penjelasan angkat beban apa saja yang dilakukan, bisa dilihat di menu “Excercise“.

Nah, yang terakhir dan juga tidak kalah penting adalah tidur cukup minimal 7 jam sehari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi tingkat BMR. Apa itu? Basal Metabolic Rate / BMR adalah kebutuhan minimal kalori yang dibutuhkan manusia agar tetap hidup walau tidak melakukan aktivitas atau sedang tertidur. Efek dari kurangnya waktu tidur akan menyebabkan munculnya gangguan metabolisme dalam tubuh. Dan berakibat kepada proses pembakaran lemak dalam tubuh menjadi menurun dan diet kita menjadi gagal. Jadi saya selama melakukan program diet minimal tidur selama 7 Jam.

Alhamdulilah selama menjalani program diet, olahraga, dan tidur cukup ini saya mampu menurunkan berat badan sebanyak 40 Kg selama kurang lebih 6 bulan, dan 20 Kg selama 1 tahun berikutnya. Jadi total saya menurunkan berat badan adalah 60 Kg. 6 bulan pertama saya mampu menurunkan 40 Kg karena memang saya berkomitmen untuk tidak makan gorengan, gula dan nasi di hari senin-jumat. Untuk sabtu dan minggu boleh sedikit cheating biar ga stress terus jadi gila deh, hehehe. Sekian pengalaman saya menurunkan berat badan hingga 60 Kg, semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan. Boleh dicoba cara saya, karena cara ini sudah terbukti ampuh kepada saya.

Yuk simak cara sehat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut lainnya di menu Home portaldiet.com. Nah sabahat Portaldiet Terima kasih sudah membaca artikel pengalaman sukses diet saya tentang cara sukses diet menurunkan berat badan dari 130 kg ke 70 kg 🙂

Artikel ini Menarik? Yuk Share :D

Related Post

162 Responses to “Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 70 KG (Pengalaman Saya)

  • Saya mau coba ,setelah terinspirasi artikel ini. Makasih lo saran dan tips nya mas adit .. :O

    • wah edi terima kasih ya sudah mampir dan selamat mencoba.
      ingat konsisten ya. semoga sukses ya dietnya

  • ayu apriliyanti
    1 year ago

    kalo olahraga nya senam aerobic atau zumba sama saja kan ?

    • terima kasih ya ayu sudah mampir.
      wah itu sih lebih bagus.
      jujur walau saya laki-laki, dlu saya pernah mencoba latihan zumba di monas selama 1 jam
      dan itu sangat capek dan sangat mengurangi banyak kalori. hehee sukses ya

  • Coba ah,thx bro…

    • terima kasih ya febe sudah mampir.
      selamat mencoba ya semoga sukses

  • Nasrul azwar
    1 year ago

    Terima kasih adhit .mudah mudahan diet adit dapat saya tiru dansaya laksanakan

    • terima kasih kembali ya nasrul.
      semoga sukses dietnya. yang penting konsiten, sabar, disiplin ya

  • Mas mau nanya cara ngecilkan paha gmana ya ?? Apa bisa ngecilin paha ?

    • terima kasih ya triska sudah mampir.
      untuk mengecilkan paha sebaiknya lakukan kardio baik itu lari, sepeda, berenang seminggu 3x.
      dan selalu lakukan latian beban paha saat berada di gym seperti squat.
      nanti saya akan jelaskan di artikel selanjutnya. smoga membantu

  • wahyu caravaggio
    12 months ago

    Mangtafff, bnr2 menjadi inspirasi.

    • terima kasih ya wahyu sudah mampir ke portaldiet.
      sama-sama saya senang berbagi ilmu diet saya kepada orang yang mau hidup sehat juga

  • Sangat membantu mas
    InshaAllah di coba mas;)

    • terima kasih ya mba juni sudah mampir.
      wah semangat kalau mau coba .
      pasti sukses kalo komitmen, konsisten, sabar, dan disiplin

  • Pernah ketrmu langsung, pas wawancara. Ternyata beneran ya dietnya. hihihii.. tau gitu saya minta sesi konsultasi gratis.

    • wah ada Ibu Irna. Terima kasih ya ibu sudah mampir ke portal saya.
      Nanti insya allah kalau saya masuk ke PT SIM bakal buka sesi gratis kok ke ibu dan karyawan yang lain wkwk 😀
      sukses ya ibu

  • Heru Aditya
    12 months ago

    Artikel nya sangat bermanfaat.. cuman mau tanya nih, soal makanan, itu harus yang pure sayuran tanpa penyedap rasa (bumbu, kecap, garam, gula, dsb) atau boleh pake? misal saya makan siang pecel sayur + telur rebus + tahu (nah kan pecel nya pake bumbu kacang). terus kalo ayam bakar kan biasanya dikecapin & dibumbuin. itu masih boleh / harus kita hindarin?

    Terima kasih

    • Terima kasih ya mas heru sudah mampir.
      sebenarnya tidak ada pantangan yang harus dihindari banget. kecuali makanan yang digoreng dan banyak mengandung gula.
      saya beberapa kali saja makan sayur yang pure direbus tanpa penyedap rasa. sangat hambar wkwk
      jadi saya selalu tambahkan bumbu dengan sedikit saja garam. kalau bawang putih kecap gula standar saja.
      nah ini sambel kacang haram hukumnya dimakan banyak saat diet. 1 butir kacang digoreng bisa 8 kalori.
      bayangin aja berapa kacang yang diulek jd sambel kacang buat pecel itu. kalau makan pecel sambel kacangnya setengah saja
      semoga membantu

  • Waaah.. Sangat menginspirasi, saya juga dalam program diet. Turun 3kg dalam 2minggu. Pola olahraga dalam seminggu 3x zumba, 3x lari sore (sebenarnya banyak jalan santai #pengakuandosa hahahah.. )
    saya masih bingung untuk makan sayur, karna saya bukan penyuka sayuran.apalagi yg cuma direbus. saya cuma makan 3 sendok nasi dengan lauk apa adanya. Apa bisa mengganti nasi dengan kentang rebus ? Bagaimana jika saya skip sayuran dr program diet?

    • Terima kasih catur telah mampir ke portaldiet.
      wah 3kg dalam 2 minggu sudah sangat cepat.
      untuk olahraga lari sore tidak usah berlari, cukup jogging atau jalan cepat juga sudah sangat baik.
      untuk sayur tidak apa2 kok ditumis, tetapi dengan minyak zaitun.
      kentang rebus baik namun jangan juga terlalu sering. kombinasikan dengan nasi merah, roti gandum dan oatmeal.
      sayur penting dalam diet sebagai asupan karbohidrat. jangan diskip ya

  • Makasih mas Adit jadi terinspirasi hehe
    berat badanku 119kg sekarang udah jalan 10 hari semoga sukses seperti mas adit hehe
    Tiap pagi lari seperti yg mas adit anjurin malah hari ke 10 ini kakinya udah terbiasa gak terlalu capek seperti di awal, udah gak sabar pake celana pensil haha, sekali lagi terimakasih untuk masukannya ya mas adit hehe

    • wah saddam terima kasih sudah mampir.
      wow 119kg. pasti sukses kalau ada niat, konsisten, komitmen, sabar, dan disiplin.
      sama-sama ya, bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa email ke saya / melalui menu contact me.
      trims

  • Hebat sekali mas, saya berkali kli nyoba diet pas sdh trun 3-4 kg, keingin untuk makan gorengan,indom** ,karena bosan dgn buahbuahan dan sayuran.. pasti susah dlwann…gmna cranya biar bs konsisten terus ya..hiks

    • terima kasih mba yani sudah mampir ya.
      memang sulit melawan keinginan makan gorengan dan indom**.
      tidak apa2 sebenarnya makan gorengan dan indom** hanya weekend saja tetapi tidak berlebihan.
      cheating seminggu sekali wajar. biar tidak bosan.
      tetapi selebihnya diet kembali.
      semoga sukses dietnya ya

  • itu tipsnya bener bener bermanfaat mas, saya mampu kebetulan saya juga memiliki berat badan 130kg dan bikin stress banyak baju baju yang udah gk muat 🙁 . namun kendalanya disini saya tipe orang yang kurang doyan sayur bagaimana ya 🙁

    • terima kasih ya mas aldy telah mampir.
      wah mas aldy punya berat badan sampai 130kg juga?
      perlu kerja keras sekali. kalau mau sukses diet harus benar-benar makan sayur sebagai karbohidrat sehari-hari.
      banyak cara mudah memasak sayur yang enak. dulu saya memang tidak suka sayur, tetapi setelah diet saya menjadi suka sayur.
      suka karena terbiasa. semoga bermanfaat

  • Bang kalo sore di gym rpm kaya sepedahan gitu (1x jadwal 50menit) bisa juga kan, mau mulai coba , pgn banget penerbangan hehehhe

    • Terima kasih bang yocky telah mampir ke portaldiet
      bisa bang, coba pake metode hiit training.
      1 menit kayuh sepeda cepat, 2 menit sedang.
      semoga membantu

  • bang.. kamu benar2 gk makan goreng2 selama 6 bulan pertama?

    • terima kasih mba betty telah mampir ya.
      iya selama 6 bulan pertama saya sama sekali tidak makan gorengan.
      paling ya 1 minggu 1 gorengan
      benar2 dijaga 😀

  • Boleh banget dicoba deh tuh Kaa tapi kenapa yaa ka kok cepet turun tapi cepet naik juga ihhh sebel

    • hahaha terima kasih ya laras telah berkunjung.
      pasti sehabis diet makannya ngasal banget makanya cepet naik.
      dietnya jangan terlalu ketat dulu. bertahap aja.
      nanti terbiasa. pas berhenti diet. keinginan buat makan banyak juga udh ga ada.

  • Iqbal maulana
    10 months ago

    Mas kalo angkat beban tanpa ke gym bisa gak?

    • terima kasih mas iqbal telah mampir ke portaldiet.
      bisa banget kok. sekarang saya pas kerja dirumah hanya push up sit up.
      yang penting olahraga. sabtu minggu kan bisa lari atau ke gym 😀

  • Makasih tulisannya gan ane udh ngikutin diet ini ada 1 bulan dan turun sktr 5kg an
    Mau nanya, sarapan itu baiknya brp jam setelah bangun?
    Trus klo tidur siang setelah makan apakah gpp? Ane klo stlh tidur siang kok pasti ngerasa jd makin gemuk ya haha

    • wah selamat ya gan sudah turun berat badan sampai 5kg dalam sebulan.
      sarapan ga ada jam-jam nya gan baru bangun boleh sarapan.
      nah kalau makan sesudah makan itu jd masalah.
      minimal 2 jam sesudah makan baru tidur gan.

      kalau tidur malam lebih ketat lagi. 3 jam sebelum tidur untuk makanan karbo. 2 jam sebelum tidur untuk protein

  • mawar senja
    10 months ago

    Hai kak .. th kmren persis bgt aq nglakuin program diet kkyk kkak , bner” diet ketat , (bgi crita dkit boleh ya) th lalu aq program diet ketat , krna malu suka diejek”in sma tmen , dlu bb aq 85 tb aq 165 , nah stelah ngejalanin diet bb aku turun 17kg slma 2blan kak . Diet aq sma gk mkan nasi putih, lari pagi (sblum brngkt krja) sma sore (sepulang Krja) itu tiap hari , trus 3x seminggu aq ikut aerobik , mlem e jga kdang nge gym . Wuih bner” puas sma hsile kak pntat aq jdi naik prut kecil otomatis dada jdi naik n lbih kliatan gede . Lengen jga kemceng . Smua org yg ngehina aq jdi mlongo stlah liat prubahan aq . Tpi syangny di th ini bb aq mulai naik lgi . Balik jdi 80kg kak .. Huhu mmang ssah mnjaga brat bdan tu ..

    • nah ini memang susah menjaga berat badan dibandingkan menurunkan nya.
      semangat trus intinya.
      saya juga pernah naik bb karena ga dijaga
      tp skrg normal lagi.
      tetep jalanin diet walau susah olga
      semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *