Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 65 KG Pengalaman Saya

Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 65 KG Pengalaman Saya

Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 65 KG Pengalaman Saya

Halo Perkenalkan nama saya Aditya Rahman, Saya adalah lulusan dari Universitas Bina Nusantara pada Desember 2015. Saya mengambil Jurusan Double Degree yaitu Sistem Informasi dan Manajemen. Saat ini saya bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan di Jakarta. Oke perkenalan nya sudah cukup, sekarang kita balik ke topik awal. Kalian pasti penasaran bagaimana Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan dari 130 KG ke 65 KG.

Jawabannya hanya tiga yaitu diet, olahraga, dan tidur yang cukup. Pasti banyak dari kalian yang tidak memikirkan ketiga aspek penting ini. Pada awal semester 5 saat kuliah, saya berkomitmen untuk hidup sehat dan ingin menurunkan berat badan saya tetapi saya hanya melakukan olahraga tanpa dibarengi oleh diet yang benar dan tidur cukup. Akibatnya saya hanya berhasil menurunkan 2 Kg selama 2 bulan. Kok sedikit sekali? Ya, bila tidak dibarengi dengan tiga aspek penting tersebut tidak akan bisa.

Setelah masa percobaan 2 bulan yang melelahkan, saya mulai berfikir untuk memakai pil diet. Saat itu saya membeli sebotol pil diet tanpa memikirkan resiko untuk tubuh saya. Ya, pada 2 minggu pertama saya berhasil menurunkan berat badan saya seberat 3 kg, tetapi saya menjadi lemas, tidak bertenaga, dan tidak berstamina (hahaha). Alhasil, saya sakit di minggu ketiga saya diet memakai pil itu. Akhirnya saya putuskan untuk tidak memakai pil apapun.

Dari sini saya mulai depresi dan memutuskan untuk menyerah. Saya berfikir kenapa saya terlahir ke dunia ini dengan tubuh sangat tambun mencapai 130 kg, dan kenapa saya tidak bisa seperti aktor hollywood yang badannya bisa seperti dewa yunani (hahaha). Tetapi saya berfikir, untuk mendapatkan badan yang bagus seperti itu pasti dibutuhkan kerja keras dan latihan sampai bertahun-tahun.

Setelah saya kembali ke jalan yang benar, saya mulai banyak membaca buku kesehatan dan beragam artikel di dunia maya mulai dari lokal sampai mancanegara (walau bahasa inggris pas-pas an hahaha). Dan saya putuskan untuk menjalankan tiga program yaitu diet, olahraga dan tidur yang cukup. Tiga program ini adalah cara sukses diet menurunkan berat badan yang saya lakukan.

Cara Sukses Diet Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara sukses diet sehat dan alami? Kita mulai dari cara diet saya. Saya menerapkan yang namanya diet anti lapar, kalian pasti bertanya-tanya kok bisa diet terus ga kelaparan gitu? bisa kok, namanya juga diet anti lapar. Ya, saya makan 4–5 x sehari (kalian pasti bertanya, kokk bisaaa????). Kalau boleh jujur, metode ini tidak akan membuat kalian bertambah gendut. Tetapi ingat porsi dan jenis makanannya harus benar. Kalau makan 4–5 x sehari terus makannya ayam KF* atau indom** benar akan semakin gendut. Diet anti lapar adalah cara sukses diet menurunkan berat badan saya. Terus diitt... apa saja yanh harus kita makan saat melakukan diet anti lapar? nih saya kasih tau menu teaser makanan yang saya makan saat diet waktu itu (untuk menu lengkapnya bisa di cek pada artikel selanjutnya).

Pagi hari: Oatmeal rasa buah, sekarang banyak dijual di supermarket harganya Cuma 2 ribu / sachet, cukup diseduh dengan air panas / air biasa dan ditambah dengan gula tropicana sli* atau sedikit susu kental manis (jangan banyak-banyak, tujuannya biar si oatmeal rasanya lebih manusiawi aja ahahha). Saat diet, saya makan 2 sachet supaya awet kenyangnya. Atau sarapan kalian bisa diganti buah pisang (cukup 1 ukuran besar atau 2 ukuran kecil) atau buah lainnya juga bisa kayak apel atau pear (cukup 1 buah langsung di makan sama kulitnya), karena di kulitnya banyak mengandung asam ursolat, yaitu zat yang membantu kita menurunkan berat badan. Bila tidak mendapatkan makanan tersebut, bisa mengkonsumsi telur dadar digoreng dengan minyak seadanya. Jangan banyak-banyak lho minyaknya, karena 1 sendok minyak goreng mengandung 90 kalori (ngeri ya). Kalau sekarang pas ngantor, biasanya sarapan fitbar aja 2 biji kalau ga sempet bikin sarapan.

Biasaya jam 10 / 11 saya sudah mulai merasa lapar kembali, langsung aja perbanyak air putih (sering-sering minum air putih untuk menambah konsentrasi. Atau kalau mau minuman berwarna bisa minum teh dengan gula rendah kalori (lebih bagus lagi teh hijau). Teh hijau sangat baik dan merupakan cara sukses diet menurunkan berat badan saya. Jadi selalu konsumsi teh hijau setiap hari. Kalau sekarang pas ngantor lebih seneng ngopi ya jam segini, kopi item tanpa gula sangat bagus. Kalau pengen manis seduh aja kopi sachet, tapi jangan sering-sering ya. Kenapa kopi? Karena kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh kalian sampai 20%, metabolisme semakin tinggi akan semakin bagus untuk menurunkan berat badan.

Siang hari : untuk siang hari ini makan bebas (kalau bisa sih no gorengan, no gula, no nasi), biasanya saya pergi ke warung makan dan saya memesan sayur seperti brokoli. Manfaat Brokoli ini sangat bagus untuk diet, karena sangat rendah kalori dan juga ada senyawa antikanker. Tidak hanya brokoli, tetapi berbagai sayuran hijau lainnya seperti kangkung, bayam, dan sawi. Karena sayuran hijau bagus sekali untuk kesehatan karena terlalu banyaknya nutrisi seperti Vitamin K, vitamin C, dan magnesium, lalu mencegah kanker prostat untuk pria (So guys, perbanyakan makan sayuran hijau mulai sekarang). Tidak hanya sayuran hijau, sayuran lain seperti tauge serta kol juga sangat bagus. Kombinasikan sayuran ini dengan protein seperti telur (usahakan makan putihnya saja), tahu, tempe, serta ayam atau ikan. Kalau tidak ada yang menjual dengan cara dipanggang, direbus maupun dikukus, digoreng pun tidak apa-apa asal tidak berlebihan. Kalaupun ingin makan nasi, usahakan makan nasi merah cukup 1/2 porsi. Kalau sekarang udah ngantor, jadi agak susah menemukan makanan seperti ini. Jadi kalau dikantor biasanya pesen makanan apa aja asal ga digoreng, dan tanpa nasi putih.

Sore hari : sore hari ini asiknya ngemil-ngemil manja (hahahaha), kok diet boleh ngemil? boleh kok selama ngemil nya sehat. Biasanya kalo sore begini ngemilin buah yang seger-seger kayak semangka atau melon asik banget. Dan juga biasanya ngemil aja jajanan rendah kalori di supermarket (cukup 1 bungkus), dan paling baik lagi untuk diet adalah yogurt rendah lemak (favorit saya), selain rasanya yang asem-asem manis, yogurt juga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan kulit (buat wanita sering-sering ngemil dengan minum yogurt deh, jangan malah ngemilin nya bakwan atau tahu goreng, atau malah jajanan kayak makaroni pedes hahaha). Kalo yang agak mahalan bisa ngemil kacang almond di taburi di atas es krim yogurt!! nikmat mana lagi yang kau dustakan hahaha.

Malam hari : nah, yang habis pulang sekolah, kuliah / kerja bisa olahraga dulu nih, abis olahraga harus makan! jangan nggak, tetapi makanannya pun harus dipilih yang sehat. Untuk malam hari bisa makan protein aja, kenapa harus protein? karena protein ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh seperti otot, kulit, kuku maupun rambut. Protein ini sangat dibutuhkan tubuh sesudah kita berolahraga, untuk pria bisa bikin badan keren kotak-kotak karena memperbaiki otot yang rusak ketika berolahraga serta otot menjadi lebih baik lagi, dan untuk wanita bagus untuk kekebalan tubuh sehingga menjadi jarang sakit, serta kulit, dan rambut kinclong. Makanan yang banyak mengandung protein yaitu telur, ayam, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Dan ingat kalau malam jangan sekali-kali makan makanan yang mengandung minyak atau digoreng, cukup dipanggang, bakar, rebus ataupun kukus saja.

Sekarang kita bahas bagaimana cara olahraga yang baik dan benar ketika ingin menurunkan berat badan. Tanpa adanya olahraga, diet kita menjadi tidak sehat dan mudah sakit, serta kemungkinan kita mendapatkan tubuh ideal semakin tertutup rapat (hahaha). Olahraga yang saya lakukan yaitu angkat beban di awal dan kardio di akhir, untuk wanita jangan takut untuk angkat beban sebelum kardio. Karena dengan kita angkat beban, karbohidrat dan gula darah akan terbakar terlebih dahulu. Kok lemak tidak dibakar? tenang lemak akan dibakar habis saat kita melakukan kardio. Jadi kardio yang kita lakukan akan lebih fokus membakar lemak karena gula darah dan karbohidrat sudah habis dibakar saat melakukan angkat beban. Jadi cara sukses diet menurunkan berat badan dengan cara lakukan angkat beban. Kalau untuk wanita angkat bebannya cukup 20 menit, lalu kardionya bisa 40 menit. Kalau untuk pria lebih banyak angkat bebannya ya dibanding kardionya. Bisa perpaduan 40 menit angkat beban dan 30 menit kardio.

Apa itu kardio? kardio itu banyak macamnya, yaitu lari, bersepeda, ataupun berenang. Kalau saya lebih senang melakukan olahraga lari, kenapa? Karena lari adalah olahraga yang murah meriah, bisa dilakukan kapan saja, dan membakar lebih banyak kalori. Untuk olahraga saya lakukan 4–5 x dalam seminggu dengan intensitas waktu 1–2 jam olahraga dalam sehari. Cara sukses diet menurunkan berat badan yang saya lakukan dengan memakai metode HIIT Cardio, apa itu? HIIT Cardio adalah teknik lari yang saya lakukan dalam waktu 30 menit  - 1 Jam yaitu dengan cara memakai perbandingan. Bagaimana sih diitt? Iya, kalian bisa lari selama 30 detik lalu diikuti dengan jalan cepat selama 1 menit, lalu kembali lari 30 detik, kemudian jalan cepat lagi selama 1 menit, begitu seterusnya sampai 30-40 menit. Untuk penjelasan lebih jauh bisa dilihat di artikel mengenai Metode HIIT Training ya.

Terut diit, lebih baik olahraga pagi hari atau siang hari? Olahraga yang saya lakukan bisa di pagi hari atau malam hari. Kalau pagi hari cukup lari pagi di taman, atau lari di atas threadmill dalam keadaan perut kosong. kenapa perut kosong? karena saat perut kosong dosa-dosa yang kita lakukan di hari itu belum banyak (hahahaha bercanda). Jadi dengan perut kosong, tubuh akan menjadikan lemak sebagai bahan bakar kita saat lari, karena gula darah masih rendah dan karbohidrat belum masuk kedalam tubuh. Jadi otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh, bahwa lemak lah bahan bakar tubuh kalian!! (enak kan? hahaha). Kalau malam hari bisa sesudah beraktifitas dengan cara angkat beban dan kardio seperti penjelasan saya di paragraf sebelumnya. Untuk penjelasan angkat beban apa saja yang dilakukan, bisa dilihat di menu “Excercise“.

Nah, yang terakhir dan juga tidak kalah penting adalah tidur cukup minimal 7 jam sehari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi tingkat BMR. Apa itu? Basal Metabolic Rate / BMR adalah kebutuhan minimal kalori yang dibutuhkan manusia agar tetap hidup walau tidak melakukan aktivitas atau sedang tertidur. Efek dari kurangnya waktu tidur akan menyebabkan munculnya gangguan metabolisme dalam tubuh. Dan berakibat kepada proses pembakaran lemak dalam tubuh menjadi menurun dan diet kita menjadi gagal. Jadi saya selama melakukan program diet minimal tidur selama 7 Jam.

Alhamdulilah selama menjalani program diet, olahraga, dan tidur cukup ini saya mampu menurunkan berat badan sebanyak 30 Kg selama kurang lebih 6 bulan, dan 30 Kg selama 1 tahun berikutnya. Selebihnya saya naik turun, dari 70 KG ke 65 KG lalu naik lagi menjadi 75 KG dan sekarang 65 KG lagi. 6 bulan pertama saya mampu menurunkan 30 Kg karena memang saya berkomitmen untuk tidak makan gorengan, gula dan nasi di hari senin-jumat. Untuk sabtu dan minggu boleh sedikit cheating biar ga stress terus jadi gila deh, hehehe. Sekian pengalaman saya menurunkan berat badan hingga 65 Kg, semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan. Boleh dicoba cara saya, karena cara ini sudah terbukti ampuh kepada saya. Yuk simak cara dan tips diet lainnya. Nah sabahat Portaldiet terima kasih sudah membaca artikel pengalaman sukses diet saya tentang cara sukses diet menurunkan berat badan dari 130 kg ke 65 kg ya. Ditunggu artikel lainnya ya, saya akan update terus tutorial diet saya yang lain.

Silahkan Share / Bagikan Artikel ini di social media anda melalui tombol dibawah ini.

Dipost Oleh Aditya Rahman

Saya adalah pemilik blog portaldiet.com, saya kan berbagi tips dan pengalaman saya bagaimana cara menurunkan berat badan dari 130 KG menjadi 65 KG. Saya juga akan berbagi cara diet dan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan.

Post Terkait

9 Komentar

  1. Mas Adit hebat sekali bisa disiplin dan konsisten

  2. Terima kasih tipsnya, sangat membantu

  3. Waw.. insipratif sekali mas adit. semoga saya bisa juga turun 10kg nih. doain ya mas adit.

  4. dapet info dari fb, thanks info nya bro. semoga gue bisa juga kayak lu..

  5. wah keren banget kak adit..

Tinggalkan Komentar