Cara Menurunkan Berat Badan Hingga 60 Kg dengan Metode Hiit Training

portaldiet hiit trainingSesuai dengan janji saya sebelumnya, saya akan membahas lebih lanjut mengenai cara menurunkan berat badan dengan Metode HIIT Training, yaitu sebuah metode yang saya lakukan dengan sedikit modifikasi dari saya yang berguna untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Saya sudah menerapkan metode HIIT ini untuk olahraga saya dan terbukti menurunkan berat badan saya hingga 60 Kg. Sebelum masuk ke cara melakukan metode ini, saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai HIIT.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode Hiit Training

High Intensity interval Training (HIIT), adalah metode latihan kardio yang mengkombinasikan latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu (interval) tertentu. Nah, sebelum masuk ke metode HIIT, saya akan menjelaskan latihan kardio itu seperti apa? latihan kardio berasal dari kata Cardiovascular yang berarti jantung dan pembuluh darah. Maksudnya apa? latihan kardio ini pada dasarnya melibatkan otot besar yaitu otot kaki yang membantu jantung memompa darah. Selain jantung, latihan kardio juga membutuhkan oksigen sebagai kunci utama agar jantung kita bisa bertahan hidup dan memompa darah.

Dari siklus oksigen – jantung – pembuluh darah maka muncul yang namanya istilah Aerobic. Dengan latihan Cardiovascular ini kita bisa mengukur denyut jantung normal atau tidak. Efek dari latihan kardio ini selain memperkuat jantung dan paru-paru adalah membakar kalori, bila kita melakukan kardio maka harus ada bahan bakarnya yaitu gula darah, karbohidrat, dan lemak. Saya akan jelaskan lebih jauh mengenai kardio di artikel selanjutnya ya 🙂

Masuk lagi ke HIIT, bagaimana cara kita melakukan metode ini. Pertama kita harus putuskan dulu latihan kardio apa yang kita mau. Latihan kardio itu banyak sekali jenisnya, kita bisa memilih lari, bersepeda, berenang, atau bahkan senam aerobik. Kalau saya pribadi lebih senang latihan kardio dengan berlari pagi, sore ataupun threadmill. Umumnya metode HIIT ini dilakukan 15 menit – 30 menit yaitu berlari cepat (sprint) selama 15 detik, kemudian jalan cepat selama 30 detik. Ulangi kedua tahap itu secara konsisten, dan tidak boleh berhenti ditengah jalan. Metode HIIT ini didesain untuk meningkatkan metabolisme tubuh, semakin cepat metabolisme tubuh kita semakin cepat dan banyak juga kalori yang dibuang dalam tubuh kita.

Metode HIIT saya berbeda dengan yang ada pada umumnya, karena metode HIIT yang umum sangat melelahkan untuk orang yang bertubuh di atas ideal (gemuk). Maka dari itu saya memodifikasinya menjadi lebih nyaman dan juga bisa diterapkan 4 – 5x dalam seminggu. Kalau saya lebih senang berlari diatas threadmill dengan cara lari sedang (jogging) selama 1 menit dan jalan cepat selama 2 menit, lalu ulangi lari sedang (jogging) kembali selama 1 menit dan jalan cepat selama 2 menit.

Lakukan metode ini selama 30 Menit – 1 Jam secara konsisten dan tidak boleh berhenti di tengah jalan, dijamin tubuh Anda akan sangat berkeringat dan ringan ketika selesai melakukan metode HIIT ini. Lebih baik lagi metode HIIT ini dilakukan ketika perut kosong pada pagi hari, dan sehabis mengangkat beban bila latihan ini dilakukan pada sore atau malam hari. Saya sudah lakukan cara menurunkan berat badan dengan metode hiit training ini dan berhasil. Selamat mencoba 🙂 dan silahkan melihat tips cara diet lainnya.

Baca juga : Cara diet turun berat badan saya seberat 60kg.

Artikel ini Menarik? Yuk Share :D

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *